Sunday, November 3, 2013

Neurotic, Apa Sih Itu?


     Pernah denger kata-kata Neurotic? Nggak? Ya udah, nggak apa. Kali ini aku mau bahas tentang neurotic. Sebuah trait yang mengusikku selama main The Sims 3, membuatku penasaran untuk mencari tau tentang neurotic ini. Kalau di The Sims 3 sih, sim yang punya trait ini bakal ketakutan gitu. Sedikit-dikit nge-cek keran air, TV, komputer, bah, banyak dah!
     Neurosis, sering disebut juga psikoneurosis, adalah istilah umum yang merujuk pada ketidakseimbangan mental yang menyebabkan stress. Neurosis ini merupakan suatu jenis penyakit mental yang lunak, dimana kondisi psikis berada didalam ketakutan dan rasa kecemasan yang kronis.Penderita merasa kehilangan rasa aman, tidak pernah mampu untuk rileks dan selalu berada dalam kondisi kelelahan mental yang berlanjut. Kesemuanya itu berpangkal pada rasa rendah diri yang sangat intens.
     Penyebabnya kemungkinan faktor biologis yakni kelainan tidur.  Penyebab lain kesalahan perkembangan kepribadian dan ego, yang memuncak dan kesulitan beradaptasi pada masa remaja dan dewasa muda.

Tanda-Tanda Neurosis
  1. Reaksi rasa was-was yang selalu diliputi keresahan yang tidak tentu arah atau tidak menentu.
  2. Seringnya mengeluarkan keringat secara berlebihan, terutama dibagian telapak tangan.
  3. Kerusakan parsial atu sebagian dari sifat kepribadian.
  4. Dalam lingkungan masyarakat sering merasa terasingkan (minder), Ia merasa tidak mampu bergaul dengan keadaan disekitarnya.
  5. Takut salah dalam setiap kali mengambil keputusan ataupun sulit melakukan konsentrasi dalam mengambil setiap keputusan.
Cara Mengatasi
     Penderita Neurosis basa ditolong dengan memberikan obat untuk menenangkan dirinya namun itu hanya langkah awal untuk melakukan pencegahan, hal berikutnya yang dilakukan dengan memberikan terapi kejiwaan kepada si penderita melalui jasa psikiater. Namun tidak lupa diberikan bimbingan untuk melakukan pendekatan kepada sang pencipta dengan membiasakan beribadah.
     
     Sekian postingan blog saya ini, terima kasih :)

3 comments:

  1. Terima kasih atas postingannya. Ini sangat bermanfaat bagi saya. Hanya memberitahu, saya adalah salah satu pengidap neurotic dan bipolar disorder. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, semoga blog saya ini dapat semakin bermanfaat bagi Anda ke depannya dan Anda dapat menemukan jawaban atas pertanyaan Anda
      Terimakasih sudah berkunjung :)
      Salam~

      Delete
  2. aku kenapa sering mengalami gejala seperti itu ya
    jadi takut dan was was

    ReplyDelete